Wednesday, May 21, 2008

BMW Seri 1 Coupe

Apa julukan yang cocok untuk Seri 1 Coupe? BMW menyebutnya legenda baru. Coupe terkecil dalam keluarga BMW ini mengusung filosofi inti BMW, performa sejati dan disain premium. Dengan mengkombinasikan sistem penggerak roda belakang sporty, handling lincah, mesin bertenaga dan seating untuk empat orang, Seri 1 akan menorehkan kembali ceruk pasar yang dulu diciptakan BMW 2002 yang legendaris, 40 tahun lalu. Seri 1 Coupe akan dipasarkan musim semi tahun depan.



BMW menyiapkan dua varian, 128i dan 135i. BMW 128i menggunakan mesin 3.0 liter 6 silinder 230hp, 200lb-ft dan dilengkapi Valvetronic (manajemen pengatur katup) dengan konstruksi ringan campuran aluminium dan magnesium. BMW 135i menggunakan mesin 3.0 liter 6 silinder segaris twinturbo yang memproduksi 300hp dan torsi 300lb.ft pada 1400rpm. Akselerasi 0 -100km/jam dalam 5.3 detik dan top speed dibatasi 248km/jam.



Tampilan eksteriornya jelas menggambarkan potensi mesinya. Overhang pendek, wheelbase panjang dan pintu besar. Pada 135i Coupe, M Aerodynamic Kit jadi standar. Lampu rem dengan teknologi Adaptive Brakelights memiliki dua tingkat kuat cahaya tergantung dalam/dangkalnya kaki pengemudi menginjang pedal rem.Lampu utama Adaptive Xenon (optional 128i) dilengkapi dengan Cornering Lights meningkatkan keamanan berkendaraan di jalan gelap.

BMW memasang versi terakhir dari iDrive yang kini dilengkapi 6 Programmable Memory Keys yang memungkinkan pengemudi untuk memprogram fungsi-fungsi yang paling sering dipakai seperti navigasi tujuan perjalan, stasiun radio, atau nomor telepon tertentu. Sensor-sensor peka-sentuh pada tombol ini menampilkan preview fungsi tersebut di layar iDrive sebelum tombol ditekan. Hal ini memungkinkan pengemudi bisa memilih fungsi-fungsi yang tersimpan dengan aman dan mudah, dan mata tetap menatap jalan. Kini dilengkapi juga input untuk MP3 player dan USB port untuk Apple iPod atau iPhone.



Sebagai kendaraan yang menawarkan keasyikan berkendara, sistem suspensi benar-benar diperhatikan BMW. Seri 1 Coupe mendapat sistem suspensi canggih dengan bahan aluminium double pivot di depan dan 5-link independent berbahan baja ringan di belakang. Dynamic Stability Control (DSC) juga Dynamic Traction Control (DTC) kini dengan toleransi lebih tinggi sebelum mulai aktif mengintervensi pengemudi. Ini menawarkan pengalaman berkendaraan yang lebih bersemangat. Bahkan pengemudi bisa mematikan kerja kedua perangkat itu. Active Steering, sistem kemudi dengan ratio steering berubah-ubah jadi option. Sistem DSC pada 135i Coupe dirancang khusus untuk peformance-oriented driving. Misalnya, pedal gas merespon lebih cepat dan manajemen rem belakang digunakan untuk menstimulai differential lock agar diperoleh akselerasi lebih kuat di tikungan.



Tidak kurang dari enam airbags menjadi perangkat standar di Seri 1 Coupe, terdiri dari dua airbags depan, dua airbags samping dan dua curtain airbags yang tersimpan dilangit-langit. Setiap kursinya dilengkapi dengan seatbelt tiga titik dan headrest. Dan kursi belakang dilengkapi dengan LATCH untuk mengikat kursi anak.



BMW belum merilis harga Seri 1 Coupe ini. PT BMW Indonesia melalui Helena Abidin, Director of Corporate Communications, menyatakan sampai saat ini pihaknya belum ada rencana membawa model ini ke Indonesia. "Namun bila ada konsumen yang berminat, kami akan membantu dengan special order," katanya.

1 comments:

allen said...

ni haraganya brp ni? 300jt dpt gk hehehehe?

Post a Comment