Ingin kenyamanan sedan LS460 dengan kekuatan dan ketangguhan Toyota Land Cruiser 200? Siapkan saja Rp 1.85 miliar, Lexus Indonesia akan memberikan SUV Lexus LX570.
Mahalkah? tentu saja itu relatif. Bagi Pengurus Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (YL GN-OTA), satu mobil itu sama artinya memberi kesempatan kepada 15,416 anak SD bersekolah satu tahun. Tapi bagi petinggi Toyota, itu harga yang bagus untuk sebuah premium SUV. "Land Cruiser 200 saja sudah Rp 1.7 miliar," ujarnya.
Nyatanya, Indonesian Lexus harus mendatangkan SUV ini dua kali lipat dari kuota. Semula Indonesia hanya mendapat jatah 30 unit selama setahun. Saat diperkenalkan secara resmi, Selasa (25/3), 7 unit sudah terkirim dan masih ada 33 unit yang dipesan. "Sekarang kami sedang berjuang untuk mendapatkan tambahan lagi, setidaknya 60 -70 unit untuk tahun ini," kata Johnny Darmawan, Indonesia Lexus principal saat peluncuran model ini di Jakarta.
Toyota Motor Corp. sebagai produsen Lexus LX570 menilai Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting di Asia Tenggara. Debut internasional Desember 2007 dan dipasarkan di USA Januari. Maret sudah ada di Jakarta. Jadi konsumen Indonesia termasuk yang diprioritaskan. Untuk kasawan Asia Pasifik baru diluncurkan di Taiwan, Brunei dan Indonesia. Singapore, Australia dan New Zealand masih menunggu giliran. Ini upaya memperkuat brand Lexus di Indonesia. Tentu saja juga karena potensi pasar yang cukup kuat.
Untuk pasar Indonesia, Lexus LX570 didatangkan utuh dari Jepang -dibuat di Tahara Plant, satu dari dua pabrik LX570 di dunia-. Di pasar premium SUV Indonesia, LX 570 memiliki mesin paling besar, 5.7 liter V8 bensin yang produksi torsinya sangat mengesankan, 530Nm/4000rpm. Sementara daya maksimal yang dihasilkan 270kW/5600rpm. Mesin canggih ini dikontrol secara elektronis, termasuk untuk mendapatkan kondisi equilibrium antara power maksimal, konsumsi bahan bakar efisien dan emsi gas buang rendah. Pasangan kerjanya adalah transmisi 6-speed sequential.
Crawl Control
Yang menarik adalah teknologi sasisnya. Lexus mengedepankan fitur Active Height Control (AHC) dan Adaptive Variable Suspension (AVS). AHC bisa menaik-turunkan mobil menyesuaikan kondisi medan. Saat di jalan raya, diturunkan agar stabil dan aerodinamis. Di medan off-road di tinggikan supaya tidak mentok ke gundukan tanah.
Sistem serupa juga ada di merk lain. Bedanya, Lexus menggunakan sistem hidrolis sedangkan Audi lebih percaya pada air suspension yang comfort. Selain itu rentang naik turunya lebih mengesankan Lexus LX570. Dalam rilisnya disebut bisa menaikkan body mobil hingga 7.6 cm sedangkan Audi Q7 6cm. Pada LX570, untuk menaikkan body mobil lebih lama daripada menurunkannya.
Fitur lain yang ditawarkan adalah kemampuan merendahkan body saat penumpang naik turun dan kembali keposisi normal saat pintu ditutup. AVS membantu mengurangi limbung. Jadi saat AHC menaikkan body mobil, otomatis AVS memerintahkan suspensi jadi lebih keras agarmobil tidak limbung. Saat mobil diturunkan, suspensi jadi lebih lembut agar perjalanan lebih nyaman.
Fitur lain yang ditonjolkan adalah Crawl Control. Berguna di medan sulit. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengemudi sudah tidak perlu memikirkan gas, rem, soal transmisi, semuanya diserahkan pada mobil. Pengemudi cukup konsentrasi pada setir saja. Ada tiga pilihan kecepatan yang bisa disetel yaitu 1km/jam, 3km/jam dan 5km/jam.
Memanjakan panca indra
Kalau anda sempat masuk ke interior SUV ini, anda mungkin akan digoda dengan perangkat audio kelas atas, Mark Levinson dengan 19 speaker, 7.1 channel surround sound. Mungkin anda akan disuguhi potongan film Hero dimana tokoh utamanya menunjukkan keahliannya memainkan pedang. Nah, gerakan pedang, gerakan tubuh, kelebat pakaian, denting bilah pedang, gemericik arak dalam cawan, gemeretak kayu, semua terdengar membahanya dalam kabin. Penumpang depan dan belakang mendapat kenikmatan serupa. Tidak berlebihan bila dikatakan seperti berada dalam gedung theater dengan kualitas akustik nomer satu. Bedanya mata anda hanya memelototi gambar di layar selebar 9 inch yang tergantung di langit-langit.
Bukan cuma mata dan telinga yang dimanja. Indra perasa tidak dilupakan. Ada empat zona pendinginan yang bisa disetel dengan suhu berbeda. Plus 28 outlet AC disekujur interior, lebih banyak dari LS460 yang hanya 20 outlet. Duduk didalamnya seperti terpisah dari lingkungan sekitarnya. Suara dari luar seperti kesulitan menelusup masuk. Posisi duduk yang tinggi, memberi rasa aman, terlindung dan membuat dagu terangkat.
Keindahan interior juga disumbangkan hiasan kayu dari pohon Bubinga. Satu pohon Bubinga- yang hanya ada di Afrika- harus ditebang untuk menghiasi interior satu unit LX570. Karena itu, tekstur hiasan kayu setiap unit LX memiliki irama yang seragam dan unik.
Automotive Review
- Audi Review
- BMW Review
- Car Maintenance Tips
- Chevrolet Review
- Classic Review
- Ford Review
- Honda Review
- Hyundai Review
- Isuzu Review
- Jaguar Review
- Jeep Review
- Kia review
- Lexus Review
- Mazda Review
- Mercedes Review
- Mitsubishi Review
- Nissan Review
- Peugeot review
- Renault Review
- Subaru Review
- Suzuki Review
- Toyota Review
- Volvo Review
- VW Review
Blog Archive
-
▼
2008
(61)
-
▼
May
(24)
- New Honda Accord
- Tips hemat BBM, pakai AC saja
- KONDENSOR
- RECEIVER DRIER - FILTER
- KOPLING MAGNET - MAGNET CLUTCH
- EVAPORATOR - COOLING COIL
- KATUP EXPANSI - EXPANSION VALVE
- TIPS TAMBAHAN UNTUK AC MOBIL ANDA
- MENGAPA HARUS FREON-R134…?
- ASAL MULA ORANG MENGGUNAKAN AC MOBIL
- PRINSIP KERJA AC MOBIL ANDA
- KOMPRESOR
- Volvo XC60
- Volkswagen Phaeton
- Captiva 2.0 VDCi: Solar
- BMW X6 Sport Activity Coupe
- BMW Seri 1 Coupe
- BMW X3 lebih segar
- BMW X5 diluncurkan di Indonesia
- TAM facelift Yaris
- Rahasia teknologi Honda FCX Clarity
- LX570, SUV terbaik Lexus
- Mitsubishi Strada Triton 4WD
- Hello world!
-
▼
May
(24)
Wednesday, May 21, 2008
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Cari Topik Lain
Category
- 2008 Best Buy and Recommended Awards (1)
- 4 langkah memperbaiki pengendalian (Handling)mobil (1)
- 8 cara menghemat biaya operasional mobil (1)
- AC Mobil (11)
- Ada Syaratnya.. (1)
- Agar mobil tetap sehat setelah ratusan km (1)
- All-new Honda Accord (1)
- Car Review (20)
- Cara aman usir bau (1)
- Cegah aki meledak (1)
- Cek fluida mobil (1)
- Cek kondisi body mobil bekas (1)
- Cermat memilih Lampu HID (1)
- EVAPORATOR - COOLING COIL (1)
- Fuel injector kotor (1)
- Hindari Masalah Kopling Selip (1)
- ilmu mesin (1)
- Jaga brake fluid dari air (1)
- Jangan abaikan wiper (1)
- Jangan lupa ganti engine coolant (1)
- KATUP EXPANSI - EXPANSION VALVE (1)
- Kemana susutnya oli? (1)
- Kiat membeli mobil di saat krisis (1)
- Kompresi Mesin Ditingkatkan (1)
- KONDENSOR (1)
- KOPLING MAGNET - MAGNET CLUTCH (1)
- Mazda2 tiga pintu (1)
- Memahami Fungsi Alternator (1)
- Membeli mobil bekas dengan cerdas (1)
- Memilih bengkel (1)
- Mempertahankan resale value (1)
- Mencuci wheel (1)
- Mendeteksi penyakit mesin dari busi (1)
- MENGAPA HARUS FREON-R134…? (1)
- Menjual mobil anda dengan harga terbaik (1)
- New Honda Accord (1)
- New Nissan Teana (1)
- Oli Transmisi (1)
- pakai AC saja (1)
- Ragam sistem penggerak roda (1)
- RECEIVER DRIER - FILTER (1)
- Sayangi sistem exhaust (1)
- Sistem Pengapian (1)
- Spesifikasi Honda All New City (1)
- sport car Toyota (1)
- Strategi ganti peleg (1)
- Subaru singkap tabir 2009 Forester (1)
- Tip merawat Power steering (1)
- Tips hemat BBM (1)
- Tips Oto (25)
- TIPS TAMBAHAN UNTUK AC MOBIL ANDA (1)
- Trisula Corolla (1)
0 comments:
Post a Comment