Monday, June 23, 2008

Mempertahankan resale value

Resale value sering jadi faktor penting memilih mobil baru. Beberapa orang menempatkan faktor ini diatas pertimbangan lain. Uniknya di Indonesia, mobil bagus belum tentu punya resale value bagus pula. Contohnya BMW Seri 3 tahun 90-an bisa sama atau lebih murah dari Toyota Kijang tahun yang sama.

Ada banyak pertimbangan yang menentukan harga jual mobil, kondisi, umur, jarak yang ditempuh, populasi hingga harga suku cadang. Beberapa faktor tidak bisa dikontrol, tapi ada yang sepenuhnya bisa dikenadalikan. Yang penting adalah memberi perhatian dan meluangkan waktu secara rutin dan kontinyu untuk merawat mobil-apa saja model dan merknya. Langkah ini akan mempertahankan nilai investasi mobil anda.

Ada beberapa langkah simpel yang bisa dilakukan sehari-hari.

1. Satu faktor utama menentukan harga mobil adalah kondisi interior dan eksterior. Untuk menjaga kondisinya tetap apik kinclong, kebiasaan rajin mencuci dan waxing sangat membantu. Membeli cover seat juga jadi trik menjaga kualitas kursi kulit dan pelapis interior lainnya. Warning! Perokok harus keluar. Asap rokok sangat sulit dibersihkan dan mempengaruhi nilai keseluruhan mobil.

2. Memilih lokasi parkir tidak bisa serampangan. Kalau bisa, parkir jauh-jauh dari mobil lain. Beberapa mobil dua pintu (coupe) punya pintu-pintu yang lebih panjang dari yang digunakan sedan saloon. Ini bisa saja jadi kecelakaan kecil yang menggores cat body. Pilih juga tempat yang teduh, selain melindungi cat juga dashboard dari vinyl yang bisa retak-retak bila terkena panas matahari berlebih.

3. Menservis sesuai jadwal dan mengarsip receipt yang didapat dari bengkel bisa jadi bermanfaat untuk membuktikan bahwa mobil ini dirawat secara teratur dalam jangka waktu panjang. Jadi mulai sekarang kumpulkan saja bukti-bukti penggantian ban, oli, tune-up, dan perawatan lainnya.

4. Bila perlu sempatkan setahun sekali mendatangi salon mobil untuk mendapatkan perawatan professional. Pastikan hasil terbaik, seperti mobil baru.

0 comments:

Post a Comment